Header Ads

RUMAH BELAJAR

Daftar Blog Saya

Kumpulan Soal Latihan PKWU Kelas XII

 

KUMPULAN SOAL PILIHAN GANDA (KERAJINAN)

Pilihlah jawaban yang paling benar dari soal dibawah ini !   

1.    Totebag yang di produksi dapat didesain oleh konsumen sesuai keinginannya, sehingga satu Totebag dengan yang lainnya mempunyai keunikan atas desainnya masing – masing. pernyataan tersebut dapat termasuk kedalam analisis …
a. Peluang
b. Kelemahan
c.
Kekuatan
d. Ancaman
e. Hambatan

2.    Rita melakukan riset pasar ke toko kain, Rita bertanya mengenai permasalahan bahan baku yang akan digunkan, maka tahapan pertama yang dilakukan rita adalah …
a.
Perumusan masalah
b. Mengumpulkan data
c. Menganalisis data
d. Interpretasi hasil
e. penentuan tujuan

3.    Riset pasar atau riset pemasaran dilakukan untuk mengetahui
1. Desain produk, kemasan dll
2. Pengumpulan data
3. Analisis
4. Pelaporan yang sistematis
5. Menganalisis kelemahan
6. Menganalisis kekuatan
Dari pernyataan diatas yang benar adalah …
a. 1,2,3,4
b. 1,2,3,5
c. 1,2,3,6
d. 2,3,4,5
e. 2,3,4,6

4.    Berta memiliki keinginan membuka usaha kerajinan tangan yang terbuat dari bambu, tetapi tini tidak tahu harus memulai usahanya dari mana, maka hal pertama yang harus dilakukan berta adalah ….
a. Analisis internal
b. Analisis eksternal
c. Analisis SWOT
d.
Riset pasar
e. Merancang produk

5.    Perencanaan usaha yang baik akan didukung oleh sumber daya yang baik. Sumberdaya yang dibutuhkan dalam perencanaan usaha terdiri dari …
a. 4M
b. 5M
c.
6M
d. 7M
e. 8M

6.    Untuk menunjang kelancaran kegiatan usahanya, sebaiknya seorang wirausaha mempunyai catatan yang rapi mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap harinya. Catatan yang dibuat secara kronologis dan didokumentasikan disebut …
a. Administrasi
b. Pemasaran
c. Gagasan
d. Peluang
e. Ide

7.    Sumber daya yang harus dikelolah dalam menentukan bahan baku yang berkualitas untuk efektifitas dan ketercapaian usaha dalam bidang produksi adalah …
a. Man
b.
Material
c. Mechine
d. Method
e. Market

8.    Santo berusaha membuat perencanaan yang matang untuk usaha kerajinannya, sehingga Santo memikirkan dari berbagai aspek untuk kelancaran usahanya, kemudian Santo akan memanfaatkan sumber daya yang mendukung kegiatan usahanya. Sumber daya yang akan digunakan Santo adalah …
a. Man, Metode, Material, Market, Mechine.
b. Man, Metode, Material, Mechine.
c. Man, Metode, Market, Mechine.
d. Man, Material, Market, Mechine.
e.
Man, Metode, Material, Market, Money, Mechine.

9.    Target usaha yang didalamnya terdapat keinginan dan kebutuhan yang akan dipenuhi berupa kesempatan baik untuk individu maupun kelompok disebut …
a. Resiko.
b. Usaha.
c. Peluang.
d.
Peluang usaha.
e. Gagasan.

10.Kegiatan yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi (man, material, method, money, market dan machine) yang ada untuk menghasilkan suatu produk, berupa barang yang dapat diambil nilai lebihnya atau manfaatnya oleh konsumen disebut....
a. Proses produksi.
b. Produksi.
c.
Sumber daya.
d. Produksi pabrikasi material.
e. Proses produksi metode.

11.Skema proses dalam perencanaan usaha kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pada tahap pertama adalah!
a. Hasil proses.
b. Hasil rancangan.
c.
Riset pasar.
d. Proses produksi.
e. Distibusi dan pemasaran.

12.Pasar lokal merupakan salah satu tempat yang sangat strategis untuk pengembangan produk, pasar tersebut dapat di bedakan berdasarkan ….
a. Potensinya.
b.
Luasnya.
c. Fungsinya.
d. Tujuannya.
e. Internalnya.

13.Tantri wirausahawan dari daerah sumatera, Tantri menjual berbagai souvenir dengan bentuk dan corak khas dari daerah tersebut, akan tetapi Tantri bukan satusatunya wirausahawan di wilayah tersebut, sehingga Tantri memiliki banyak saingan. Maka untuk mencapai peluang usaha yang baik Tantri memerlukan ......
a. Modal usaha.
b. Perhitungan yang rumit.
c. Kerja keras dan pengorbanan.
d. Perhitungan laba rugi.
e.
Perencanaan usaha yang baik.

14.Santi seorang wirausahawan sukses yang pandai memanfaatkan kesempatan yang ada serta melihat sasaran penjualan yang cukup menjanjikan, maka Santi termasuk wirausahawan yang mampu menganalisis …
a. Tantangan
b. Hambatan

      c. Peluang
d. Persaingan
e. Kelemahan

15.Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1. Mempunyai pilihan dan yakin bahwa usahanya bisa dilaksanakan
2. Menerima gagasan-gagasan baru dalam dunia usaha
3. Tidak mampu menguasai diri sendiri
4. Bersedia mendengarkan saran-saran orang lain
5. Bersemangat dan bergaul
Untuk menggali peluang usaha, seorang wirausahawan harus berfikir secara positif dan kreatif yang meliputi …
a. 1,2,3
b.
1.2.4
c. 2,3,4
d. 2.3.5
e. 3,4,5

16.Wirausahawan yang mampu berkembang adalah wirausahawan yang selalu berorientasi kepada masa depan, tugas dan hasil. Maka untuk pemikiran kreatif akan menjadi tindakan yang kreatif dengan dorongan berupa ….
a. Perhatian yang lebih
b. Kemampuan yang kuat
c.
Pengetahuan yang cukup
d. Kekayaan yang melimpah
e. Modal yang cukup

17.Mirza menciptakan produk kerajinan aksesoris yang sangat unik dan estetika yang sangat menarik, akan tetapi persaingan dibidang kerajinan ini sangat banyak sehingga Mirza memerlukan kreatifitas yang tinggi. Kreativitas dalam hal ini
mengandung arti ….
a. Menghasilkan karya baru
b. Memunculkan gagasan baru
c. Menimbulkan masalah baru
d. Melahirkan sesuatu yang baru
e.
Menciptakan produk baru

18.Sebuah bentuk kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik barang/produk dengan penyalur (toko), dimana pemilik produk nanti menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di tokonya, disebut….
A. Konsien
B. Koefesian
C.
Konsinyasi
D. Konsanyasi
E. Kansinyosi

19.Sistem konsinyasi dikenal dengan nama….
A. Endorser
B. Diskon
C. Cuci gudang
D. Titip beli
E.
Titip jual

20.Pihak yang menerima barang konsinyasi atau barang titipan disebut….
A. Konsinyor
B.
Konsinyi
C. Konsinyir
D. Kinsonyir
E. Kinsonyi

21.Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis konsinyasi adalah….
A. Lokasi yang strategis dan Penyalur yang baik
B. Target pasar dan keinginan pasar
C. Selera konsumen dan pendapatan konsumen
D.
Lokasi yang strategis dan target pasar yang sesuai
E. Target pasar dan selera konsumen

22.Perhatikan data di bawah ini:
1) Berada di pusat kota yang biasanya terdapat mobilitas yang tinggi dibandingkan dengan daerah lain
2) Berada di tempat pemukiman penduduk yang padat yang bisa dijadikan target market
3) Tidak ramai dikunjungi atau menjadi tempat lalu lintas warga sekitar
4) Akses yang sulit untuk dijangkau oleh transportasi publik maupun pribadi
5) Memiliki tingkat keamanan yang tinggi seperti adanya satpam di tempat tersebut agar konsumen tidak perlu khawatir jika terjadi kejahatan di sekitar tempat tersebut. Dari data di atas, manakah yang termasuk kedalam hal-hal yang harus diperhatikan dalam konsinyasi produk global ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C.
1), 2), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)

      E. 2), 3), dan 5)

23.Memiliki tingkat kebersihan yang tinggi agar konsumen tertarik untuk membeli dan memiliki area parkir yang luas agar konsumen tidak perlu bingung mencari tempat parkir, hal tersebut merupakan yang harus diperhatikan saat konsinyasi dalam hal….
A. Target pasar
B. Selera konsumen
C. Promosi produk
D.
Lokasi yang strategis
E. Strategi pemasaran

24.Beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk mendapatkan konsumen yang tepat, adalah….
A. Usia dan produk
B. Status pernikahan dan target pasar
C. Gaya hidup dan lokasi yang strategis
D.
Sistem pencatatan penjualan yang rapih dan status pernikahan
E. Menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan penyalur dan lokasi

25.Alasan harus bisa memilih pihak penyalur yang bisa dipercaya untuk melakukan konsinyasi adalah….
A. Untuk memudahkan komunikasi
B. Untuk mencari lokasi yang strategis dengan pihak penyalur
C.
Untuk meyakinkan pihak penyalur tidak membawa kabur atau tidak
membayar uang yang seharusnya disetorkan dari hasil penjualan produk
D. Untuk membuat format khusus terkait hal apa sajakah yang perlu dicatat oleh
pihak penyalur
E. Untuk memeriksa catatan penjualan yang ditulis oleh pihak penyalur

26.Memberikan penghargaan kepada pihak penyalur atas keberhasilan yang dilakukannya dapat meningkatkan kinerja pihak penyalur. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara….
A. Memberikan produk konsinyasi tambahan
B.
Menambah komisi atau membei hadiah produk secara gratis
C. Memberikan pelatihan kerja
D. Menjual produk lebih banyak lagi
E. Menitipkan produk berbagai varian

27.Salah satu alasan mencari tahu pendapatan yang terima oleh target market adalah…
A. menyesuaikan rentang usia tersebut yang biasanya menjadi pelanggan pada
toko penyalur
B. berkaitan dengan lingkungan kerja atau kebiasaan yang dialami oleh calon
konsumen
C. mengetahui hobi atau barang apa saja yang biasanya dibeli
D.
berkaitan dengan daya beli konsumen dalam penentuan harga barang yang
akan dijual di pasaran
E. melakukan pengecekan rutin ke setiap toko

28.Cara memilih konsumen yang baik yaitu dengan melakukan….
A.
riset untuk memilih toko penyalur yang tepat
B. bertanya kepada siapa saja
C. test quisioner
D. menghubungi toko
E. mengisi aplikasi

29.Penentu terbesar berhasilnya bisnis konsinyasi adalah….
A. melakukan tanya jawab
B.
memilih toko penyalur yang tepat untuk barang dagangan
C. mengisi quisioner terlebih dahulu
D. memiliki produk yang banyak
E. keluhan dari pelanggan

30.Kesamaan produk yang dijual dengan beda merk akan menimbulkan.…
A. produk yang di pajang di toko akan banyak
B. ketertarikan bagi pelanggan yang datang
C. menimbulkan keresahan masyarakat
D.
persaingan antara barang dagangan kalian dengan barang dagangan toko
penyalur
E. omset penjualan penyalur akan meningkat

31.Kegunaan dari melakukan monitoring bukan hanya untuk memungkinkan
mengevaluasi hasil penjualan, tetapi juga agar bisa….
A. bersaing dengan produk lain
B.
tetap memiliki record mengenai berapa besaran jumlah yang harus dibayarkan
oleh toko penyalur
C. bisa memilih toko penyalur yang tepat
D. menimbulkan ketertarikan dari konsumen
E. meningkatkan omset penjualan produk

32.Cara pembayaran transaksi konsinyasi ke pasar global adalah….
A. sistem pengiriman barang-barang ekspor pada importir ditetapkan oleh
importir
B. sistem pengiriman barang-barang impor pada importir di luar negeri yang dikirim oleh eksportir sebagai titipan untuk dijualkan oleh importir dengan
harga yang telah ditetapkan oleh importir
C. sistem pengiriman barang-barang ekspor pada eksportir di luar negeri yang
dikirim oleh eksportir sebagai titipan untuk dijualkan oleh importir dengan
harga yang telah ditetapkan oleh eksportir
D. eksportir sebagai titipan untuk dijualkan oleh importir dengan harga yang telah
ditetapkan oleh eksportir
E.
sistem pengiriman barang-barang ekspor pada importir di luar negeri yang
dikirim oleh eksportir sebagai titipan untuk dijualkan oleh importir dengan
harga yang telah ditetapkan oleh importir

33.Cara pembayaran internasional yang memungkinkan seorang eksportir menerima bayaran langsung tanpa menunggu berita dari luar negeri, pembayaran tersebut akan diterima setelah barang dan berkas dokumen dikirimkan ke luar negeri atau pihak pemesan disebut….
A. Letter of debit
B.
Letter of credit
C. Cash payment
D. Payment of advance
E. Letter of letter

34.Sistem pembayaran dimana pembeli melakukan pembayaran di awal kepada penjual sebelum barang-barang tersebut dikirimkan oleh penjual di sebut dengan sistem pembayaran….
A. Payment cash
B. Letter of credit
C. Cash payment
D.
Payment of advance
E. Cash of advance

35.Dalam sistem ini konsinyasi, yang memegang hak atas kepemilikan atas barang, adalah….
A. Importir
B.
Eksportir
C. Penyalur
D. Agen
E. Konsumen

36.Perhatikan data di bawah ini,
1) Modal terlalu lama tertimbun pada barang yang diperdagangkan
2) Adanya kepastian eksportir akan menerima pembayaran
3) Eksportir dapat menjadi korban penipuan dengan laporan tentang barang yang
terjual tetapi tidak sesuai dengan yang sebenarnya
4) Bila importir tidak membayar maka ada bukti untuk melaporkan atau
menuntutnya di pengadilan
5) Pembayaran Transaksi Export Dan Import Dengan Letter of Credit (L/C)
Yang termasuk ke dalam kemungkinan resiko yang dapat ditimbulkan dari sistem
pembayaran dengan cara konsinyasi adalah….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C.
1), 3), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)
E. 3), 4), dan 5)

37.Yang menjadikan perbedaan konsinyasi dengan dropshipper adalah….
A. Jenis barang
B. Harga barang
C. Sistem pembayaran
D. Pengelolaan stock
E. Selera konsumen

38.Konsinyasi adalah….
A. Sebuah bentuk kerjasama pembelian yang dilakukan oleh pemilik
barang/produk dengan penyalur (toko), dimana pemilik produk nanti
menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di tokonya.
B. Sebuah bentuk kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik
barang/produk dengan pembeli, dimana pemilik produk nanti menitipkan
barangnya.
C.
Sebuah bentuk kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik
barang/produk dengan penyalur (toko), dimana pemilik produk nanti
menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di tokonya.
D. Sebuah bentuk kerjasama antara penjual dan pembeli dalam suatu negara
E. Sebuah bentuk kerjasama pemerintah pasar global

39.Alasan target pasar termasuk ke dalam hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis konsinyasi adalah….
A. agar memiliki tingkat keamanan yang tinggi
B. Lokasi yang strategis dan Penyalur yang baik
C. Akses yang mudah untuk dijangkau oleh transportasi publik maupun pribadi
D. Konsumen merasa tenang saat membeli
E.
agar produknya bisa sesuai dengan kebutuhan pasar dan produk laku di
pasaran

40.Alasan harus bisa memilih pihak penyalur yang bisa dipercaya untuk melakukan konsinyasi adalah….
A. Untuk membuat format khusus terkait hal apa sajakah yang perlu dicatat oleh
pihak penyalur
B. Untuk memudahkan komunikasi dengan pihak konsumen
C. Untuk mencari lokasi yang strategis dengan pihak penyalur dalam
menjalankan usahanya
D. Untuk memeriksa catatan penjualan yang ditulis oleh pihak penyalur
E.
Untuk meyakinkan pihak penyalur tidak membawa kabur atau tidak
membayar uang yang seharusnya disetorkan dari hasil penjualan produk

41.Mencari tahu pendapatan yang terima oleh target market sangat mempengaruhi dalam penjualan produk konsinyasi, hal ini dikarenakan….
A. berkaitan dengan lingkungan kerja atau kebiasaan yang dialami oleh calon
konsumen
B. pendapatan tersebut biasanya menjadi pelanggan tetap pada toko penyalur
C. mengetahui hobi atau barang apa saja yang biasanya dibeli oleh target pasar
D. pendapatan merupakan sumber utama dalam pembelian produk
E.
pendapatan berkaitan dengan seberapa besar daya beli konsumen sebagai
penentuan harga barang yang akan dijual di pasaran

42.Kegunaan dari melakukan monitoring bukan hanya untuk memungkinkan mengevaluasi hasil penjualan, tetapi juga agar bisa….
A. meningkatkan omset penjualan produk dalam setiap bulannya
B. memilih toko penyalur yang tepat agar bisa terus bekerjasama ke depannya
C. bersaing dengan produk lain untuk tetap bisa di pajang di toko penyalur
D.
memiliki record mengenai berapa besaran jumlah yang harus dibayarkan oleh
toko penyalur
E. menimbulkan ketertarikan dari konsumen terhadap produk

43.Cara pembayaran transaksi konsinyasi ke pasar global bisa dengan berbagai macam. Salah satu sistem pembayaran konsinyasi ke pasar global adalah….
A. cash advanced
B. advanced payment
C. credit of letter
D.
collection draft
E. letter payment

44.Penentu terbesar berhasilnya suatu bisnis konsinyasi adalah….
A. memilih agen penjualan yang besar
B.
memilih toko penyalur yang tepat untuk barang dagangan kalian
C. memilih calom pembeli yang berpenghasilan tinggi
D. memilih lokasi yang ada di perkotaan
E. memilih barang jual yang sudah ada

45.Yang termasuk ke dalam kemungkinan resiko yang dapat ditimbulkan dari sistem
pembayaran dengan cara konsinyasi adalah….
A. pertukaran modal cepat pada barang yang diperdagangkan
B.
eksportir dapat menjadi korban penipuan dengan laporan tentang barang
yang terjual tetapi tidak sesuai dengan yang sebenarnya
C. adanya kepastian eksportir akan menerima pembayaran
D. bila importir tidak membayar maka ada bukti untuk melaporkan atau
menuntutnya di pengadilan
E. pembayaran transaksi Export dan Import dengan Letter of Sreidit

46.Yang menjadikan perbedaan konsinyasi dengan dropshipper adalah….
A. konsinyasi menyimpan dan mengirimkan produk sendiri yang menghabiskan
sebagian besar waktu mereka melakukan hal tersebut
B.
konsinyasi memerlukan gudang untuk menyimpan persediaan dan
menanggung risiko barang rusak di gudang
C. dropshipper memiliki harga yang Anda dapat biasanya akan lebih murah
D. menambah risiko dropshipper dan juga beban pekerjaan dari sisi pemilik
online store
E. konsinyasi memiliki peluang lebih besar daripada dropshipper

Sumber:  Modul Pembelajaran SMA Prakarya dan Kewirausahaan. Kemendikbud Tahun 2020.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh mammamaart. Diberdayakan oleh Blogger.