Kumpulan Soal Latihan PKWU Kelas XII
Pilihlah jawaban yang paling benar dari soal dibawah ini !
1.
Totebag yang di produksi dapat didesain oleh konsumen sesuai
keinginannya, sehingga satu Totebag dengan yang lainnya mempunyai keunikan atas desainnya masing
– masing. pernyataan tersebut dapat termasuk kedalam analisis …
a. Peluang
b. Kelemahan
c. Kekuatan
d. Ancaman
e. Hambatan
2.
Rita melakukan riset pasar ke toko kain, Rita bertanya mengenai
permasalahan bahan baku yang akan digunkan, maka tahapan pertama yang dilakukan
rita adalah …
a. Perumusan masalah
b. Mengumpulkan
data
c. Menganalisis data
d. Interpretasi hasil
e. penentuan tujuan
3.
Riset pasar atau riset pemasaran dilakukan untuk mengetahui
1. Desain produk, kemasan dll
2. Pengumpulan data
3. Analisis
4. Pelaporan yang sistematis
5. Menganalisis kelemahan
6. Menganalisis kekuatan
Dari pernyataan diatas yang benar adalah …
a. 1,2,3,4
b. 1,2,3,5
c. 1,2,3,6
d. 2,3,4,5
e. 2,3,4,6
4.
Berta memiliki keinginan membuka usaha kerajinan tangan yang
terbuat dari bambu, tetapi tini tidak tahu harus memulai usahanya dari mana,
maka hal pertama yang harus dilakukan berta adalah ….
a. Analisis internal
b. Analisis eksternal
c. Analisis SWOT
d. Riset pasar
e. Merancang
produk
5.
Perencanaan usaha yang baik akan didukung oleh sumber daya yang
baik. Sumberdaya yang dibutuhkan dalam perencanaan usaha terdiri dari …
a. 4M
b. 5M
c. 6M
d. 7M
e. 8M
6.
Untuk menunjang kelancaran kegiatan usahanya, sebaiknya seorang wirausaha
mempunyai catatan yang rapi mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap harinya.
Catatan yang dibuat secara kronologis dan didokumentasikan disebut …
a. Administrasi
b. Pemasaran
c. Gagasan
d. Peluang
e. Ide
7.
Sumber daya yang harus dikelolah dalam menentukan bahan baku yang
berkualitas untuk efektifitas dan ketercapaian usaha dalam bidang produksi
adalah …
a. Man
b. Material
c. Mechine
d. Method
e. Market
8.
Santo berusaha membuat perencanaan yang matang untuk usaha
kerajinannya, sehingga Santo memikirkan dari berbagai aspek untuk kelancaran
usahanya, kemudian Santo akan memanfaatkan sumber daya yang mendukung kegiatan usahanya.
Sumber daya yang akan digunakan Santo adalah …
a. Man, Metode, Material, Market, Mechine.
b. Man, Metode, Material, Mechine.
c. Man, Metode, Market, Mechine.
d. Man, Material, Market, Mechine.
e. Man, Metode,
Material, Market, Money, Mechine.
9.
Target usaha yang didalamnya terdapat keinginan dan kebutuhan yang
akan dipenuhi berupa kesempatan baik untuk individu maupun kelompok disebut …
a. Resiko.
b. Usaha.
c. Peluang.
d. Peluang usaha.
e. Gagasan.
10.Kegiatan yang mengkombinasikan faktor-faktor
produksi (man, material, method, money, market dan machine) yang ada untuk
menghasilkan suatu produk, berupa barang yang dapat diambil nilai lebihnya atau
manfaatnya oleh konsumen disebut....
a. Proses produksi.
b. Produksi.
c. Sumber daya.
d. Produksi
pabrikasi material.
e. Proses produksi metode.
11.Skema proses dalam perencanaan usaha kerajinan
berdasarkan kebutuhan dan keinginan pada tahap pertama adalah!
a. Hasil proses.
b. Hasil rancangan.
c. Riset pasar.
d. Proses
produksi.
e. Distibusi dan pemasaran.
12.Pasar lokal merupakan salah satu tempat yang
sangat strategis untuk pengembangan produk, pasar tersebut dapat di bedakan
berdasarkan ….
a. Potensinya.
b. Luasnya.
c. Fungsinya.
d. Tujuannya.
e. Internalnya.
13.Tantri wirausahawan dari daerah sumatera, Tantri
menjual berbagai souvenir dengan bentuk dan corak khas dari daerah tersebut,
akan tetapi Tantri bukan satusatunya wirausahawan di wilayah tersebut, sehingga
Tantri memiliki banyak saingan. Maka untuk mencapai peluang usaha yang baik
Tantri memerlukan ......
a. Modal usaha.
b. Perhitungan yang rumit.
c. Kerja keras dan pengorbanan.
d. Perhitungan laba rugi.
e. Perencanaan usaha
yang baik.
14.Santi seorang wirausahawan sukses yang pandai
memanfaatkan kesempatan yang ada serta melihat sasaran penjualan yang cukup
menjanjikan, maka Santi termasuk wirausahawan yang mampu menganalisis …
a. Tantangan
b. Hambatan
c. Peluang
d. Persaingan
e. Kelemahan
15.Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1. Mempunyai pilihan dan yakin bahwa usahanya bisa dilaksanakan
2. Menerima gagasan-gagasan baru dalam dunia usaha
3. Tidak mampu menguasai diri sendiri
4. Bersedia mendengarkan saran-saran orang lain
5. Bersemangat dan bergaul
Untuk menggali peluang usaha, seorang wirausahawan harus berfikir secara
positif dan kreatif yang meliputi …
a. 1,2,3
b. 1.2.4
c. 2,3,4
d. 2.3.5
e. 3,4,5
16.Wirausahawan yang mampu berkembang adalah
wirausahawan yang selalu berorientasi kepada masa depan, tugas dan hasil. Maka
untuk pemikiran kreatif akan menjadi tindakan yang kreatif dengan dorongan
berupa ….
a. Perhatian yang lebih
b. Kemampuan yang kuat
c. Pengetahuan yang
cukup
d. Kekayaan yang
melimpah
e. Modal yang cukup
17.Mirza menciptakan produk kerajinan aksesoris yang
sangat unik dan estetika yang sangat menarik, akan tetapi persaingan dibidang
kerajinan ini sangat banyak sehingga Mirza memerlukan kreatifitas yang tinggi.
Kreativitas dalam hal ini
mengandung arti ….
a. Menghasilkan karya baru
b. Memunculkan gagasan baru
c. Menimbulkan masalah baru
d. Melahirkan sesuatu yang baru
e. Menciptakan
produk baru
18.Sebuah bentuk kerjasama penjualan yang dilakukan
oleh pemilik barang/produk dengan penyalur (toko), dimana pemilik produk nanti
menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di tokonya, disebut….
A. Konsien
B. Koefesian
C. Konsinyasi
D. Konsanyasi
E. Kansinyosi
19.Sistem konsinyasi dikenal dengan nama….
A. Endorser
B. Diskon
C. Cuci gudang
D. Titip beli
E. Titip jual
20.Pihak yang menerima barang konsinyasi atau barang
titipan disebut….
A. Konsinyor
B. Konsinyi
C. Konsinyir
D. Kinsonyir
E. Kinsonyi
21.Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai
bisnis konsinyasi adalah….
A. Lokasi yang strategis dan Penyalur yang baik
B. Target pasar dan keinginan pasar
C. Selera konsumen dan pendapatan konsumen
D. Lokasi yang
strategis dan target pasar yang sesuai
E. Target pasar
dan selera konsumen
22.Perhatikan data di bawah ini:
1) Berada di pusat kota yang biasanya terdapat mobilitas yang tinggi dibandingkan
dengan daerah lain
2) Berada di tempat pemukiman penduduk yang padat yang bisa dijadikan target market
3) Tidak ramai dikunjungi atau menjadi tempat lalu lintas warga sekitar
4) Akses yang sulit untuk dijangkau oleh transportasi publik maupun pribadi
5) Memiliki tingkat keamanan yang tinggi seperti adanya satpam di tempat tersebut
agar konsumen tidak perlu khawatir jika terjadi kejahatan di sekitar tempat
tersebut. Dari data di atas, manakah yang termasuk kedalam hal-hal yang harus diperhatikan
dalam konsinyasi produk global ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 2), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)
E.
2), 3), dan 5)
23.Memiliki tingkat kebersihan yang tinggi agar
konsumen tertarik untuk membeli dan memiliki area parkir yang luas agar
konsumen tidak perlu bingung mencari tempat parkir, hal tersebut merupakan yang
harus diperhatikan saat konsinyasi dalam hal….
A. Target pasar
B. Selera konsumen
C. Promosi produk
D. Lokasi yang
strategis
E. Strategi
pemasaran
24.Beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk
mendapatkan konsumen yang tepat, adalah….
A. Usia dan produk
B. Status pernikahan dan target pasar
C. Gaya hidup dan lokasi yang strategis
D. Sistem pencatatan
penjualan yang rapih dan status pernikahan
E. Menjalin
hubungan komunikasi yang baik dengan penyalur dan lokasi
25.Alasan harus bisa memilih pihak penyalur yang bisa
dipercaya untuk melakukan konsinyasi adalah….
A. Untuk memudahkan komunikasi
B. Untuk mencari lokasi yang strategis dengan pihak penyalur
C. Untuk meyakinkan
pihak penyalur tidak membawa kabur atau tidak
membayar uang yang seharusnya disetorkan dari hasil penjualan produk
D. Untuk membuat format khusus terkait hal apa sajakah yang perlu dicatat oleh
pihak penyalur
E. Untuk memeriksa catatan penjualan yang ditulis oleh pihak penyalur
26.Memberikan penghargaan kepada pihak penyalur atas
keberhasilan yang dilakukannya dapat meningkatkan kinerja pihak penyalur. Hal
tersebut dapat dilakukan dengan cara….
A. Memberikan produk konsinyasi tambahan
B. Menambah komisi
atau membei hadiah produk secara gratis
C. Memberikan
pelatihan kerja
D. Menjual produk lebih banyak lagi
E. Menitipkan produk berbagai varian
27.Salah satu alasan mencari tahu pendapatan yang
terima oleh target market adalah…
A. menyesuaikan rentang usia tersebut yang biasanya menjadi pelanggan pada
toko penyalur
B. berkaitan dengan lingkungan kerja atau kebiasaan yang dialami oleh calon
konsumen
C. mengetahui hobi atau barang apa saja yang biasanya dibeli
D. berkaitan dengan
daya beli konsumen dalam penentuan harga barang yang
akan dijual di pasaran
E. melakukan
pengecekan rutin ke setiap toko
28.Cara memilih konsumen yang baik yaitu dengan
melakukan….
A. riset untuk
memilih toko penyalur yang tepat
B. bertanya kepada siapa saja
C. test quisioner
D. menghubungi toko
E. mengisi aplikasi
29.Penentu terbesar berhasilnya bisnis konsinyasi
adalah….
A. melakukan tanya jawab
B. memilih toko
penyalur yang tepat untuk barang dagangan
C. mengisi quisioner terlebih dahulu
D. memiliki produk yang banyak
E. keluhan dari pelanggan
30.Kesamaan produk yang dijual dengan beda merk akan
menimbulkan.…
A. produk yang di pajang di toko akan banyak
B. ketertarikan bagi pelanggan yang datang
C. menimbulkan keresahan masyarakat
D. persaingan antara
barang dagangan kalian dengan barang dagangan toko
penyalur
E. omset penjualan
penyalur akan meningkat
31.Kegunaan dari melakukan monitoring bukan hanya
untuk memungkinkan
mengevaluasi hasil penjualan, tetapi juga agar bisa….
A. bersaing dengan produk lain
B. tetap memiliki
record mengenai berapa besaran jumlah yang harus dibayarkan
oleh toko penyalur
C. bisa memilih
toko penyalur yang tepat
D. menimbulkan ketertarikan dari konsumen
E. meningkatkan omset penjualan produk
32.Cara pembayaran transaksi konsinyasi ke pasar
global adalah….
A. sistem pengiriman barang-barang ekspor pada importir ditetapkan oleh
importir
B. sistem pengiriman barang-barang impor pada importir di luar negeri yang dikirim
oleh eksportir sebagai titipan untuk dijualkan oleh importir dengan
harga yang telah ditetapkan oleh importir
C. sistem pengiriman barang-barang ekspor pada eksportir di luar negeri yang
dikirim oleh eksportir sebagai titipan untuk dijualkan oleh importir dengan
harga yang telah ditetapkan oleh eksportir
D. eksportir sebagai titipan untuk dijualkan oleh importir dengan harga yang
telah
ditetapkan oleh eksportir
E. sistem pengiriman
barang-barang ekspor pada importir di luar negeri yang
dikirim oleh eksportir sebagai titipan untuk dijualkan oleh importir dengan
harga yang telah ditetapkan oleh importir
33.Cara pembayaran internasional yang memungkinkan
seorang eksportir menerima bayaran langsung tanpa menunggu berita dari luar
negeri, pembayaran tersebut akan diterima setelah barang dan berkas dokumen
dikirimkan ke luar negeri atau pihak pemesan disebut….
A. Letter of debit
B. Letter of
credit
C. Cash
payment
D. Payment of advance
E. Letter of letter
34.Sistem pembayaran dimana pembeli melakukan
pembayaran di awal kepada penjual sebelum barang-barang tersebut dikirimkan
oleh penjual di sebut dengan sistem pembayaran….
A. Payment cash
B. Letter of credit
C. Cash payment
D. Payment of
advance
E. Cash of
advance
35.Dalam sistem ini konsinyasi, yang memegang hak
atas kepemilikan atas barang, adalah….
A. Importir
B. Eksportir
C. Penyalur
D. Agen
E. Konsumen
36.Perhatikan data di bawah ini,
1) Modal terlalu lama tertimbun pada barang yang diperdagangkan
2) Adanya kepastian eksportir akan menerima pembayaran
3) Eksportir dapat menjadi korban penipuan dengan laporan tentang barang yang
terjual tetapi tidak sesuai dengan yang sebenarnya
4) Bila importir tidak membayar maka ada bukti untuk melaporkan atau
menuntutnya di pengadilan
5) Pembayaran Transaksi Export Dan Import Dengan Letter of Credit (L/C)
Yang termasuk ke dalam kemungkinan resiko yang dapat ditimbulkan dari sistem
pembayaran dengan cara konsinyasi adalah….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)
E. 3), 4), dan 5)
37.Yang menjadikan perbedaan konsinyasi dengan dropshipper
adalah….
A. Jenis barang
B. Harga barang
C. Sistem pembayaran
D. Pengelolaan stock
E. Selera konsumen
38.Konsinyasi adalah….
A. Sebuah bentuk kerjasama pembelian yang dilakukan oleh pemilik
barang/produk dengan penyalur (toko), dimana pemilik produk nanti
menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di tokonya.
B. Sebuah bentuk kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik
barang/produk dengan pembeli, dimana pemilik produk nanti menitipkan
barangnya.
C. Sebuah bentuk
kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik
barang/produk dengan penyalur (toko), dimana pemilik produk nanti
menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di tokonya.
D. Sebuah bentuk
kerjasama antara penjual dan pembeli dalam suatu negara
E. Sebuah bentuk kerjasama pemerintah pasar global
39.Alasan target pasar termasuk ke dalam hal yang harus
diperhatikan sebelum memulai bisnis konsinyasi adalah….
A. agar memiliki tingkat keamanan yang tinggi
B. Lokasi yang strategis dan Penyalur yang baik
C. Akses yang mudah untuk dijangkau oleh transportasi publik maupun pribadi
D. Konsumen merasa tenang saat membeli
E. agar produknya
bisa sesuai dengan kebutuhan pasar dan produk laku di
pasaran
40.Alasan harus bisa memilih pihak penyalur yang bisa
dipercaya untuk melakukan konsinyasi adalah….
A. Untuk membuat format khusus terkait hal apa sajakah yang perlu dicatat oleh
pihak penyalur
B. Untuk memudahkan komunikasi dengan pihak konsumen
C. Untuk mencari lokasi yang strategis dengan pihak penyalur dalam
menjalankan usahanya
D. Untuk memeriksa catatan penjualan yang ditulis oleh pihak penyalur
E. Untuk meyakinkan
pihak penyalur tidak membawa kabur atau tidak
membayar uang yang seharusnya disetorkan dari hasil penjualan produk
41.Mencari tahu pendapatan yang terima oleh target
market sangat mempengaruhi dalam penjualan produk konsinyasi, hal ini
dikarenakan….
A. berkaitan dengan lingkungan kerja atau kebiasaan yang dialami oleh calon
konsumen
B. pendapatan tersebut biasanya menjadi pelanggan tetap pada toko penyalur
C. mengetahui hobi atau barang apa saja yang biasanya dibeli oleh target pasar
D. pendapatan merupakan sumber utama dalam pembelian produk
E. pendapatan
berkaitan dengan seberapa besar daya beli konsumen sebagai
penentuan harga barang yang akan dijual di pasaran
42.Kegunaan dari melakukan monitoring bukan hanya
untuk memungkinkan mengevaluasi hasil penjualan, tetapi juga agar bisa….
A. meningkatkan omset penjualan produk dalam setiap bulannya
B. memilih toko penyalur yang tepat agar bisa terus bekerjasama ke depannya
C. bersaing dengan produk lain untuk tetap bisa di pajang di toko penyalur
D. memiliki record
mengenai berapa besaran jumlah yang harus dibayarkan oleh
toko penyalur
E. menimbulkan
ketertarikan dari konsumen terhadap produk
43.Cara pembayaran transaksi konsinyasi ke pasar
global bisa dengan berbagai macam. Salah satu sistem pembayaran konsinyasi ke
pasar global adalah….
A. cash advanced
B. advanced payment
C. credit of letter
D. collection
draft
E. letter
payment
44.Penentu terbesar berhasilnya suatu bisnis
konsinyasi adalah….
A. memilih agen penjualan yang besar
B. memilih toko
penyalur yang tepat untuk barang dagangan kalian
C. memilih calom
pembeli yang berpenghasilan tinggi
D. memilih lokasi yang ada di perkotaan
E. memilih barang jual yang sudah ada
45.Yang termasuk ke dalam kemungkinan resiko yang
dapat ditimbulkan dari sistem
pembayaran dengan cara konsinyasi adalah….
A. pertukaran modal cepat pada barang yang diperdagangkan
B. eksportir dapat
menjadi korban penipuan dengan laporan tentang barang
yang terjual tetapi tidak sesuai dengan yang sebenarnya
C. adanya
kepastian eksportir akan menerima pembayaran
D. bila importir tidak membayar maka ada bukti untuk melaporkan atau
menuntutnya di pengadilan
E. pembayaran transaksi Export dan Import dengan Letter of Sreidit
46.Yang menjadikan perbedaan konsinyasi dengan dropshipper
adalah….
A. konsinyasi menyimpan dan mengirimkan produk sendiri yang menghabiskan
sebagian besar waktu mereka melakukan hal tersebut
B. konsinyasi
memerlukan gudang untuk menyimpan persediaan dan
menanggung risiko barang rusak di gudang
C. dropshipper
memiliki harga yang Anda dapat biasanya akan lebih murah
D. menambah risiko dropshipper dan juga beban pekerjaan dari sisi pemilik
online store
E. konsinyasi memiliki peluang lebih besar daripada dropshipper
Tidak ada komentar